Saturday, August 5, 2017

Ini caranya kalau karyawan mau punya rumah cepat


Beli tempat tinggal murah buat pekerja di Jakarta yang dekat dengan tempat kerja? Kok rasa-rasanya tidak mungkin. Tempat tinggal dengan harga dibawah Rp 500 juta paling ada di daerah dekat dengan pinggir.

Itu juga jalan depannya tidak dapat dilalui mobil karna sempit. Atau sertifikatnya masih tetap berbentuk hak manfaat bangunan, bahkan juga girik.

Ingin beli unit apartemen, kok nanggung dengan bujet segitu. Terlebih masih tetap ada cost perawatan unit per bulan. Mesti dihitung dengan benar supaya angsuran per bulan tidak membebani.

Masak beli unit rusun bersubsidi? Tidak apa-apa bila penuhi prasyarat. Bila tidak, tidak usah ngoyo deh. Bisa-bisa kelak jadi diperkarakan ke ranah hukum.

Lantas, bagaimana dong jalan keluar untuk pekerja ibu kota supaya dapat beli tempat tinggal yang dekat dengan akses ke tempat kerja? Tenang, kita tetaplah dapat mencari tempat tinggal yang ramah di kantong serta sesuai sama bujet. Di bawah ini tips-nya :

1. Mencari di pinggir Jakarta
Tidak apa-apa tempat tinggal di pinggir Jakarta, asal akses ke tempat kerja mudah. Sekarang ini pemerintah DKI tengah menggalakkan program transportasi dari KRL, MRT, hingga LRT.

Mencari tempat tinggal yang dilintasi akses itu dengan harga dibawah Rp 500 juta. Di Depok, Bekasi, atau BSD banyak tempat tinggal type 36 serta 45 dengan harga di kisaran segitu. Atau jadi ingin berburu di lokasi perbatasan Jakarta, seperti Cipayung atau Cakung, mungkin saja dapat bisa.

Yang perlu, mencari yang dapat dibeli lewat cara credit perumahan rakyat (KPR). Jalan dimuka tempat tinggal ini mesti dapat dilalui paling tidak 1 mobil. Bila tidak dapat, bank biasanya malas mengucurkan dana KPR.

2. Mencari sendiri tanpa ada lewat makelar

Memanglah, terdapat beberapa informasi tempat tinggal murah di Jakarta bertebaran di Internet. Namun cermati, bila beli tempat tinggal lewat makelar atau agen, harga nya semakin lebih mahal.

Sebab, ada fee penambahan buat layanan mereka minimum 2 % dari harga transaksi. Itu belum juga termasuk juga cost surat-surat buat tempat tinggal, lho, umpamanya untuk balik nama.

Cost dapat lebih ditekan bila berburu tempat tinggal sendiri ke lapangan. Atau mencari di Internet yang menempatkan pengumuman TP dengan kata lain tanpa ada penghubung.

3. Berburu ke pameran propertiPameran senantiasa mendatangkan harga lebih murah, termasuk juga pameran property. Terkecuali harga yang murah karna ada potongan harga, mungkin saja dapat ada potongan cost administrasi atau provisi KPR.

Lumayan lho, potongannya dapat sampai Rp 5 juta atau bahkan juga lebih. Diluar itu, sistem KPR akan lebih mudah bila pembelian dikerjakan dalam pameran. Rajin-rajin baca berita property agar tahu kapan ada pameran property di daerah semasing.

4. Beli tempat tinggal lelang bank

Bank miliki daftar tempat tinggal yang mereka lelang dari beberapa orang yang creditnya macet. Tempat tinggal lelang ini umumnya dihargai lebih murah, karna bank relatif ingin jual cepat buat dapet uang.

Dapat check di website bank serta saksikan sendiri daftar tempat tinggalnya. Sebagian bank juga telah miliki aplikasi informasi lelang mereka di Playstore. Terkecuali tempat tinggal, ada informasi lelang kendaraan serta barang yang lain yang harga nya lebih murah daripada harga market lho.

5. Beli tempat tinggal inden atau masih tetap dibangun

Tempat tinggal inden biasanya lebih murah daripada saat telah jadi. Sebab, developer perlu dana investasi untuk menggerakkan usaha propertinya.

Namun kita harus sabar menanti hingga tempat tinggal jadi sebelumnya dapat menempatinya. Kita juga butuh meyakinkan reputasi pengembang.

No comments:

Post a Comment