Sunday, June 11, 2017

Lebih Baik Membeli Apartemen atau Rumah? Ini Jawabannya

Perkembangan masyarakat yang makin bertambah punya pengaruh pada keinginan tempat tinggal yang makin tinggi. Sayangnya, hal itu tidak di dukung dengan ketersediaan tempat yang cukup. Memanglah sekarang ini pembangunan perumahan tengah gencar dikerjakan. Tetapi, perumahan yang diperkembang juga lebih bertipe minimalis mengingat tempat yang terbatas. Belum lagi, harga property yang makin tinggi tiap-tiap tahunnya, seakan tidak terjangkau orang-orang terlebih kelompok menengah ke bawah.


Untuk mengakali supaya keinginan bakal tempat tinggal tetaplah tercukupi walau ada masalah terbatasnya tempat, jadi diperkembang type tempat tinggal terkecuali perumahan, yaitu apartemen. Apakah itu apartemen? Menurut Kamus Besar Bhs Indonesia (KBBI), apartemen disimpulkan sebagai rumah yang terbagi dalam ruangan tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dsb yang ada pada satu lantai bangunan bertingkat yang besar serta elegan, diperlengkapi dengan beragam sarana seperti kolam renang, pusat kesehatan, toko, serta lainnyaIstilah apartemen sebagai tempat tinggal dipakai di sebagian negara seperti Amerika serta Irlandia. Sesaat di negara spesifik seperti Inggris serta Singapura menyebutnya dengan flat. Walau penyebutan arti tidak sama, tetapi keduanya mengacu pada maksud yang sama yaitu jenis tempat tinggal yang cuma tempati beberapa bangunan saja, dimana dalam satu bangunan apartemen terbagi dalam sebagian unit.

Awal mulanya, orang-orang pemula masih tetap agak ‘gagap’ dengan jenis tempat tinggal apartemen. Tetapi saat ini perubahan apartemen di Indonesia cukup penting. Hal semacam ini tidak terlepas dari dampak globalisasi yang seakan mengidentikkan jenis tempat tinggal apartemen sebagai bentuk dari modernitas. Diluar itu, pergantian pola hidup yang juga makin modern mendorong gaya hidup yang bebas, praktis, mobile, serta dinamis.

Pengembangan apartemen dapat jadi alternatif tempat tinggal yang nyaman terkecuali tempat tinggal. Sesungguhnya apartemen tidak gantinya seperti jenis tempat tinggal lain seperti kondominium serta tempat tinggal susun (rusun). Ketiganya adalah bangunan gedung dengan sebagian unit tempat tinggal. Lalu, apa ketidaksamaan dari ketiga type tempat tinggal itu?

No comments:

Post a Comment